Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SD

Sukmawarti Sukmawarti (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Hidayat Hidayat (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika diberikan di sekolah adalah agar siswa memiliki kemampuan dalam pemecahan masalah. Materi matematika yang sisajikan di SD, merupakan materi yang berkaitan erat dengan permasalahan kehidupan sehari-hari. Sehingga untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan kemampuan siswa dalam menerjemahkan permasalahan sehari-hari dalam bahasa matematika. Untuk itu diperlukan kemampuan siswa dalam komunikasi matematis. Kemampuan tersebut perlu dilatihkan dalam proses pembelajaran melalui aktivitas pemecahan masalah. Pembelajaran yang mendukung terjadinya aktivitas pemecahan masalah mendorong partisipasi siswa secara aktif dalam pembelajaran yang tentunya berpotensi mendorong terciptanya pendekatan student centere dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran dengan pendekatan student centere adalah model Problem Based Learning. Kemampuan komunikasi matematika siswa SD kelas V dapat dikembangkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dilakukan melalui penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V SD IT Uli Arga Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematis siswa untuk setiap indikator meningkat di setiap siklusnya. Tingkat pencapaian komunikasi matematis untuk indikator menghubungkan benda nyata dan gambar ke dalam idea matematika, menjelaskan situasi dan relasi matematika secara lisan atau tulisan dengan benda nyata dan gambar, menyatakan peristiwa sehari-hari dalam bahasa atau simbol matematika, dan menentukan informasi penting yang berkaitan dengan permasalahan pada kategori baik sekali.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...