Penelitian ini dilakukan guna untuk menggetahui sejauh mana media yang telah dikembangkan praktis digunakan bagi siswa kelas X di SMK N 1 Sumatera Barat pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Media pembelajaran berbasis augmented reality dikembangkan menggunakan android studio. Media pembelajaran ini dirancang dengan tujuan untuk mempermudah proses belajar mengajar bagi guru dan memfasilitasi siswa dalam memahami materi Seni Budaya pada kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian untuk diuji cobakan praktikalitas penggunaan medianya pada 32 siswa kelas X di SMK N 1 Sumatera Barat. Hasil uji praktikalitas sebesar 88.40%, yang diinterpretasikan bahwa media pembelajaran augmented reality praktis digunakan sebagai penunjang pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial.
Copyrights © 2023