Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

EVALUASI KINERJA ALGORITMA MACHINE LEARNING DALAM PREDIKSI SERANGAN MALWARE

Grace Martha Geertruida Bororing (Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini mengkaji evaluasi kinerja algoritma machine learning dalam prediksi serangan malware sebagai respons terhadap kompleksitas ancaman keamanan informasi. Dengan mengeksplorasi berbagai literatur terkait, penelitian ini fokus pada analisis algoritma klasifikasi seperti Support Vector Machines (SVM) dan Neural Networks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma-algoritma ini memberikan tingkat akurasi yang tinggi dalam mengenali pola-pola terkait dengan jenis-jenis malware. Namun, studi ini juga menyoroti tantangan baru yang muncul seiring dengan evolusi serangan malware yang semakin canggih. Oleh karena itu, saran penelitian ini adalah untuk mengembangkan model machine learning yang adaptif, mampu mengatasi teknik penyamaran dan evasi yang terus berkembang. Ketersediaan dataset yang representatif juga diidentifikasi sebagai faktor kunci dalam meningkatkan performa algoritma. Integrasi solusi keamanan informasi yang holistik juga direkomendasikan untuk meningkatkan kehandalan sistem. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman mendalam tentang peran algoritma machine learning dalam konteks keamanan informasi. Diharapkan, temuan-temuan ini dapat memberikan dasar bagi pengembangan solusi proaktif dan adaptif untuk melawan serangan malware yang semakin kompleks.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...