Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

MENGAMANKAN FILE RAHASIA MENGGUNAKAN HYBRID KRIPTOGRAFI

Permana , John Swatrahadi (Unknown)
Hendrana, Hendrana (Unknown)
Munir, Rinaldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2024

Abstract

Penyelenggara sistem elektronik mengelola sitem aplikasi mengelola file dari pengguna yang sifatnya rahasia. File yang bersifat rahasia yang dikelola menggunakan suatu sistem informasi perlu dilindungi dari ancaman kebocoran data. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk melindungi file tersebut adalah menggunakan metode hybrid cryptography yaitu algoritma Adcanced Enryption Standart atau AES dikombinasikan dengan Rivest Shamir Adleman atau RSA. File rahasia yang diupload ke sistem aplikasi sebelum disimpan file tersebut dienkripsi menggunakan kriptografi kunci simetri AES, dengan kunci yang degenerate oleh sistem. Kunci yang degenerate oleh sistem tersebut sifatnya rahasia yang perlu diamankan. Untuk mengamankan kunci dari file rahasia yang disimpan pada database diamankan Kembali menggunakan kriptografi kunci asimetris Rivest Shamir Adlemen. Hasil penelitian menunjukkan waktu yang diperlukan untuk mengamankan file rahasia cukup singkat sehingga tidak mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan. Proses enkripsi maupun dekripsi hybrid kriptografi AES dan RSA memerlukan waktu rata-rata sebesar 295,8774 bytes / micro second. Proses enkripsi lebih cepat 0,633537 kali dibandingkan dengan proses dekripsi. Metode hybrid kriptografi AES dan RSA cukup kuat untuk melindungi file berklasifikasi rahasia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...