Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENERAPAN PEMBERIAN TUGAS SERTA UMPAN BALIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS STUDI KASUS DI SD IT AL-KAFFAH BINJAI

Juliani, Juliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pemberian tugas serta umpan balik pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan nilai religius siswa di SD IT Alkaffah Binjai. Permasalahan pendidikan di atas juga terjadi di SD IT Al-Kaffah. Binjai Berdasarkan data yang diperoleh dari kepala sekolah bahwa pembelajaran PAI belum berjalan secara optimal. Menurut hasil wawancara tersebut, kepala sekolah menerangkan bahwa masih banyak peserta didik yang kurang siap mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas serta kurangnya jumlah jam belajar mandiri diluar jam sekolah.. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer. Hasil penelitian menunjukkan SD IT Alkaffah Binjai berkomitmen untuk menanamkan nilai- nilai religius dalam mendidik siswanya sehingga memudahkan pelaksanaan untuk menanamkan nilainilai religius tersebut ke SD IT Alkaffah Binjai. Di SD IT Alkaffah Binjai menerapkan kawasan syar’i dalam berpakaian maka hal tersebut semua pihak yang terlibat dalam menanamkan nilai- nilai religius dalam membentuk karakter siswa Di SD IT Alkaffah Binjai harus memberikan teladan yang baik dalam berpakaian. Misalnya saja wali santri ketika memiliki urusan ke sekolah seperti membayar administrasi anaknya jika ditemukan memakai pakaian yang tidak tertutup maka tidak dilayani oleh pihak sekolah maka mereka diminta kembali kerumah untuk berganti pakaian yang lebih syar’i seperti memakai pakaian yang tertutup dan menggunakan jilbab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...