Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang masih sering ditemukan, pada mata pelajaran pendidikan pancasila khususnya materi kebhinekaan yang sering dianggap sebagai pelajaran yang membosankan. Hal ini disebabkan karena mata pelajaran ini lebih mengutamakan hafalan daripada penalaran sehingga siswa cenderung kurang tertarik. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh kegiatan literasi terhadap hasil belajar siswa SD kelas IV pada materi kebhinekaan. Menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dengan Quasi Experimental Design serta Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian ini siswa kelas IV B dan C SDN Menanggal 601 Surabaya dengan jumlah 54 siswa. Metode pengumpulan data berupa lembar test. Menggunakan analisis statistik dengan uji hipotesis uji-T yaitu independent sample t-Test, sesuai judul penelitian yaitu untuk mengetahui Pengaruh dari Kegiatan Literasi. Hasil uji T menampilkan bahwa penelitan ini mendapatkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai signifikasi <0,05 maka ?0 ditolak dan ?1 diterima. Jadi disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Pada kegiatan literasi terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar.
Copyrights © 2024