Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGARUH MEDIA DADU PANCASILA DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SIMBOL SILA PANCASILA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Adeliya, Hepy Yista (Unknown)
Sulistyawati, Ida (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh media dadu Pancasila digital terhadap hasil belajar simbol sila Pancasila siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi experimental design, dengan desain penelitian posttest only control design. Penelitian ini dilaksanakan karena hasil belajar siswa dalam pemahaman simbol-simbol sila Pancasila yang diperoleh dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dengan belum tercapainya nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) siswa pada muatan Pendidikan Pancasila. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa kelas III SD Negeri Menanggal 601 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan bantuan software SPSS versi 21. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,043 yang dimana jika nilai signifikasi <0,05 dapat dikatakn H0 ditolak H1 diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media dadu Pancasila digital terhadap hasil belajar simbol sila Pancasila siswa kelas III sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...