Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

DEVELOPING ANIMATED DUBBING VIDEOS TO TEACH SPEAKING FOR UNIVERSITY STUDENT

Masruroh, Ani (Unknown)
Anggraini, Dian (Unknown)
Zuniati, Mai (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam belajar berbicara bahasa Inggris melalui dubbing animasi video di semester 2 Universitas Ma’arif Lampung yang terdiri dari 15 mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan Interview dan Angket. Pengembangan animasi dubbing video menggunakan metode research and development (R&D). Tahapan pengembangan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah ADDIE atau yang dikenal dengan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengembangan produk awal didasarkan pada analisis kebutuhan dan kemudian divalidasi oleh Dua ahli, yaitu ahli material dan ahli media. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk multimedia untuk animasi dubbing video dalam pembelajaran berbicara Bahasa inggris, Hasil keseluruhan validasi menunjukkan hasil yang baik, yaitu memperoleh kategori sangat baik dengan detail: ahli materi mendapat skor 96,5%, ahli media mendapat skor 88,25%. Dari data yang sudah di analisis dapat disimpulkan bahwa metode animasi dubbing video dapat membantu mahasiswa dalam penguasaan kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...