Terminal transportasi menggambarkan panggung yang dinamis dari interaksi sosial, ekonomi, dan kultural. Terminal bukan hanya tempat untuk perpindahan fisik, tetapi juga menjadi pusat aktivitas yang mencerminkan kompleksitas kehidupan kota. Di sini, terbentuk ekosistem yang melibatkan pasar informal, kegiatan ekonomi mikro, dan pertemuan lintas lapisan masyarakat yang memperkaya keragaman budaya. Penelitian ini membahas evaluasi kinerja dan pelayanan terminal terhadap penumpang angkutan umum menggunakan metode analisis Importance Performance Analisis (IPA). Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil suvei dengan cara pengamatan di terminal. Data sekunder didapatkan dari pengelola terminal yaitu PT. DAMRI TRANSPORT berupa data penumpang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui kinerja operasional terminal Pancor saat ini dengan jenis terminal tipe c memenuhi setandar peraturan MENHUB terkait dengan tipe dan fungsi terminal, namun, untuk fasilitas terminal belum memenuhi standar peraturan KM 31 Tahun 1995 Pasal 3, yang dimana tidak tersedianya tambu-rambu dan papan informasi. Hasil analisis menggunakan Importance Performance Analisis (IPA) terhadap atribut; 1) memiliki ruang tunggu yang cukup nyaman (P4); 2) bangunan terminal indah dan bersih (P7); dan 3) petugas bersikap ramah dan sopan (P8) merupakan atribut yang menjadi prioritas utama untuk diperbaiki, karena tingkat kinerja yang rendah dan memiliki tingkat harapan yang tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024