Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Penerapan Metode Permainan Monopoli Pancasila Dalam Menanamkan Nilai Sila Ke 5 Pancasila Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas IV A. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, wawancara, dan angket respon siswa. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode permainan monopoli Pancasila Dalam Menanamkan Nilai Sila Ke 5 Pancasila Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dikategorikan sangat baik dan sudah terlaksana dengan baik.
Copyrights © 2024