Analisis Sistem Pemasaran Ikan Nila Di Desa Lantang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Dibimbing oleh Dewi Puspitasari dan Asriyanti Syarif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran dalam sistem pemasaran, menganalisis margin, farmer’s share, efisiensi pemasaran budidaya ikan nila di Desa Lantang Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar. Penelitian ini mengambil sampel secara purposive sampling dengan petani sebanyak 10 orang, serta pengambilan sampel snowball sampling pada konsumen sebanyak 9 orang, pedagang pengumpul sebanyak 2 orang dan pedagang pengecer sebanyak 2 orang, dan industri rumah makan sebanyak 2 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis margin, efisien pemasaran serta farmer’s share. Saluran pemasaran yaitu saluran I petani – konsumen, saluran II petani – pedagang pengumpul – pedagang pengecer – konsumen, saluran III petani – industri rumah makan – konsumen. Margin saluran I yaitu sebesar Rp.0, saluran II yaitu sebesar Rp.7.000/Kg, saluran III yaitu sebesar Rp.4.000/Kg. Kemudian untuk efisiensi pemasaran saluran I yaitu 0.9%, saluran II yaitu 4.2%, saluran III yaitu 3.10%. Dan untuk farmer’s Share saluran I yaitu 0%, saluran II yaitu 78.12%, saluran III 86.2%.
Copyrights © 2024