Penelitianitindakan kelas merupakanisuatu metode penelitianiyang dilakukan oleh seorang guru untuk memahami dan memecahkan permasalahan diikelas. Metodeiini melibatkan siklus refleksi, perencanaan, tindakan, dan evaluasi untuk mengidentifikasi solusi efektif terhadap masalah pembelajaran di kelas. Denganimenggunakan pendekatan penelitianitindakanikelas, seorangiguru dapat secara sistematis mencari solusi terbaik untukimeningkatkanikualitas pembelajaranidi kelasnya. Penelitianitindakan kelas juga dapatidijadikan sebagai saranaiuntuk meningkatkan kualitas kinerja seorang guru dalam hal potensi mengajar, dalam hal ini seorang guru juga dituntut untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. strategi penelitian tindakan kelas. Selain sebagai alat untuk meningkatkan kinerja guru dalam hal potensi mengajar, penelitian tindakan kelas juga menuntut guru untuk terus berkembang sebagai individu. Tujuan penelitianiini adalah untukimeningkatkanihasil belajar PJOK padaimateri kebugaran jasmani dengan menggunakan permainan pada siswankelas IV SD Negeri Andongsari 04. Penelitianitindakan kelasiini dilaksanakan sebanyak duansiklus, dan hasil belajarimeningkat secara signifikan dari data observasi ke siklus berikutnya. Siswa hanya mencapai ketuntasan 31% pada hasil observasi pertama; Hal ini disebabkan kebosanan mereka dengan konten yang kering. Namun setelah penulis melakukan penelitian tindakan kelas, hasil belajar sudah melebihi batas ketuntasan minimal. Pada siklus 1 penelitian tindakan kelas memperoleh hasil belajar sebesar 72%; pada siklus 2 angka tersebut meningkat menjadi 91%. Berdasarkan hasilipenelitian tindakanikelas ini, siswa kelasiIV SD Negeri Andongsari 04 dapat memperoleh manfaat dari peningkatan hasil belajar pada topik PJOK dan materi aktivitas kebugaran jasmani.
Copyrights © 2024