Tujuan utama penelitian ini adalah 1) untuk pengembangkan E-Asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Model Problem Possing dengan materi kuliah matematika diskrit; 2) untuk menganalisis kualitas E-Asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing yang dihasilkan ditinjau dari aspek kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Proses perancangan assesment dalam pembelajaran merujuk pada, materi dan capaian pembelajaran (CP) pada mata kuliah matematika diskrit, model problem posing. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan meliputi analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subyek penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi dan responden mahasiswa. Ahli media maupun ahli materi terdiri masing-masing dua orang, sedangkan teknik penarikan sampel responden menggunakan teknik sampling jenuh, dimana seluruh mahasiswa yang mengikuti kelas matemtika diskrit dilibatkan sebagai sampel penelitian. Jumlah sampel respoden dalam penelitian ini adalah 38 mahasiswa yang terdiri dari program studi sistem informasi, sistem komputer dan teknologi informasi. 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas isi asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing menunjukan koefisien validitas isi sangat tinggi. Uji ahli menunjukkan rata-rata hasil validitas logis instrumen e-asessment Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis model problem possing adalah 86,72 (Sangat valid) yang menunjukkan asesmen layak digunakan dalam pengukur hasil belajar mahasiswa. Pengujian respon mahasiswa terhadap e-asesmen menunjukan nilai 86,84% dengan kategori sangat positif.
Copyrights © 2024