Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENGARUH LIBRARY ANXIETY TERHADAP KEBUTUHAN INFORMASI MAHASISWA TAHUN MASUK 2023 PADA PEMUSTAKA UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Putri, Rezi Yang (Unknown)
Nelisa, Malta (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) library anxiety yang dialami mahasiswa tahun masuk 2023 di Universitas Negeri Padang; (2) kebutuhan informasi mahasiswa tahun masuk 2023 pada pemustaka Universitas Negeri Padang; (3) pengaruh library anxiety terhadap kebutuhan informasi mahasiswa tahun masuk 2023 pada pemustaka Universitas Negeri Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun menjadi populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun masuk 2023 Universitas Negeri Padang. Proportional random sampling merupakan metodologi pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini,pendekatakan ini melibatkan pemilihan subjek dari setiap sastra atau daerah berdasarkan jumlah subjek pada setiap sastra atau daerah yang dinilai seimbang. Pendekatan kuesioner , dokumentasi dan observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data Dari hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa; (1) library anxiety yang dialami oleh mahasiswa tahun masuk 2023 di Universitas Negeri Padang dalam kategori penilaian tinggi dengan skor 4.270 dengan skor ideal 6.732 atau 63,42%, artinya pemustaka Universitas Negeri Padang tahun masuk 2023 cukup banyak yang mengalami library anxiety; (2) kebutuhan informasi mahasiswa tahun masuk 2023 Pada Pemustaka Universitas Negeri Padang kategori penilian tinggi dengan skor 2.480 dengan skor ideal 3.564 atau 69,58% artinya Perpustakan Universitas Negeri Padang sudah cukup memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa tahun masuk 2023; (3) Kebutuhan informasi mahasiswa tahun masuk 2023 di Universitas Negeri Padang sangat dipengaruhi oleh library anxiety. Nilai koefisien korelasi sebesar R = 0,438 ditemukan pada temuan uji regresi SPSS yang menunjukkan adanya hubungan positif antara library anxiety dengan kebutuhan informasi.. Semakin tinggi library anxiety yang dialamai oleh individu maka akan semakin tinggi tingkat kebutuhan informasi yang diperlukan oleh individu tersebut

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...