Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dengan metode bercerita berbantu media flashcard pada siswa kelas II SD Negeri 2 Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dilatar belakangi masalah Rendahnya minat dan antusias siswa dalam belajar Bahasa Indonesia dan rendahnya hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas, dapat dijelaskan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari prasiklus masih rendah atau belum mencapai KKM. Pada siklus 1 telah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media flashcard pada proses pembelajaran peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan penggunaan metode bercerita berbantu media flashcard pada proses pembelajaran pada siklus 1 mencapai ketuntasan sebesar 55% atau sebanyak 11 siswa. Pada siklus 2 meningkat menjadi 85% sebanyak 17 siswa yang tuntas melebihi indikator keberhasilan sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode bercerita berbantu media flashcard dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas II SD Negeri 2 Karangampel. (Times New Roman 11, reguler, spasi 1, spacing before 6 pt, after 6 pt)
Copyrights © 2024