Abdisembrani: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol 2 No 2 (2024): Oktober 2024

Optimalisasi Kualitas Pelayanan Prima dengan Menggunakan Metode Servqual pada Koperasi BTM Surya Utama Tuban

Muhammad Yusuf (Unirow Tuban)
Yosia Dian Purnama Windrayadi (Unirow Tuban)
Dumiyati (Unirow Tuban)
Yudi Supiyanto (Unirow Tuban)
Hendra Suwardana (Unirow Tuban)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pelayanan yang prima adalah salah satu keunggulan kompetitif perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini berlaku untuk lembaga koperasi seperti BTM Surya Utama Tuban yang menyediakan jasa, yang kegiatannya focus pada pelayanan kepada para anggota koperasi dan masyarakat. Pelayanan yang prima (service excellence) merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas koperasi dan bagian dari promosi koperasi. Tim Abdimas unirow menawarkan solusi berupa alat ukur service excellence untuk mengidentifikasi indikator pelayanan yang diharapkan oleh semua pemangku kepentingan. Metode pelaksanaan dari Abdimas ini adalah dengan melakukan komunikasi dengan pihak Manajer koperasi, studi literature, pembuatan kuesioner terbuka dengan masukan dari pihak koperasi, pengumpulan data, perapihan dan pengolahan data, diakhiri dengan diskusi antar anggota tim pelaksana untuk merumuskan alat ukur service excellence. Hasil Abdimas adalah 10 indikator service excellence yang dapat digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan dari Koperasi BTM Surya Utama. sasaran pengabdian dan kesepakatan alternatif materi Penyuluhan dan pendampingan, dan disepakati materi Penyuluhan dan pendampingan pengenalan potensi diri karyawan/ pegawai BTM Surya Utama, sebelum kegiatan pelatihan dan pendampingan diadakan pre test dengan responden yang mengisi kuesioner terdiri dari karyawan/ pegawai BTM Surya Utama, untuk mengetahui pemahaman peserta tentang pelayanan prima. Sebelum penyampaian dilakukan pre test dan setelah penyampaian di lakukan postes serta Kuesioner ini dibagi berdasarkan keterlibatannya dalam BTM Surya Utama yang dibedakan atas perannya yang terdiri dari Manajer, Pegawai/Karyawan, dan Nasabah untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta tentang materi dan kesadaran pentingnya peningkatan pelayanan prima

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdisembrani

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

FOCUS AND SCOPE Articles in the form of community service related to the field of infrastructure and development of human resources, management of rural areas, coastal areas, local wisdom, economic development, entrepreneurship, creative industries, legal studies, technology development, ...