Era modern yang biasa disebut revolusi industri 4.0 atau 5.0 dipenuhi dengan teknologi maju dan konektivitas internet tanpa batas, hal tersebut berdampak pada ekonomi dan pemasaran berlandaskan digital terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dalam sektor ekonomi digital, para pelaku UMKM memiliki potensi transformasi yang besar dengan menjelajahi dan memanfaatkan digital untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi digital dan pemasaran digital terhadap tingkat pendapatan UMUM di Kota Surabaya. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 220 orang responden, yang merupakan pelaku UMKM di Kota Surabaya bagian utara. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari responden menggunakan metode kuesioner/angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial bahwa ekonomi digital dan pemasaran digital berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di Kota Surabaya, selain itu ekonomi digital dan pemasaran digital juga berpengaruh secara simultan terhadap pendaptan UMKM di Kota Surabaya.
Copyrights © 2024