Pendidikan merupakan pilar utama pembangunan bangsa, dan kualitas guru memegang peran penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran kepemimpinan guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Yayasan Pendidikan Madinatussalam serta mengevaluasi strategi kepemimpinan yang efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di Madinatussalam telah menerapkan berbagai upaya, seperti memastikan kurikulum yang sesuai, menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, mengelola sumber daya secara efektif, mendorong kolaborasi antara guru, staf, dan orang tua, serta memiliki visi dan misi yang jelas. Selain itu, partisipasi siswa dalam pengambilan keputusan dan berbagai forum diskusi juga diidentifikasi sebagai langkah penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Penelitian ini menyarankan peningkatan kualifikasi dan pelatihan guru, pengembangan kurikulum yang relevan, pengelolaan sumber daya yang efektif, dan peningkatan kolaborasi serta komunikasi untuk mencapai tujuan pendidikan yang optimal
Copyrights © 2024