Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus, sebagai upaya peneliti untuk memberikan gambaran minat membaca siswa di sekolah, dalam hal ini adalah SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok. Minat siswa dalam membaca buku di sekolah ini masih rendah, hal ini karena dipengaruhi oleh berbagai faktor baik itu faktor pendukung ataupun faktor penghambat. Faktor pendukung minat membaca itu adalah perpustakaan sekolah dan penjaga perpustakaan yang siap melayani keperluan siswa dalam hal peminjaman buku, dan juga koleksi buku bacaan yang tersedia yang cukup memadai. Faktor penghambat minat membaca siswa ada dua yaitu faktor yang datang dari dalam sekolah, yaitu minat membaca siswa itu sendiri dan waktu kunjungan yang terbatas. Sedangkan faktor dari luar sekolah yaitu motivasi yang diberikan orang tua kepada anak yang masih rendah akan pentingnya membaca. Maka dari itu, untuk meningkatkan minat membaca siswa, perpustakaan di SDN RRI Nasional Sukmajaya Depok menyelenggarakan program literasi dan lomba-lomba literasi bagi siswanya agar minat membaca siswa dapat meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019