AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 2 (2019): FEBRUARI

PERAN KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

Irma Nurhikmah (Unknown)
Widyasari Widyasari (Unknown)
Mega Febriani Sya (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Kedudukan guru sangat krusial dalam pembelajaran, serta merupakan salah satu bagian yang banyak memiliki kontribusi dalam memajukan pendidikan. Namun kenyataan yang terjadi dilapangan kualitas guru masih dianggap rendah. Berdasarkan hitungan uji kompetensi guru (UKG) pada tahun 2014 terhadap sekitar satu koma enam juta guru, nilainya sebagian besar di bawah lima puluh dari nilai tertinggi 100. Kompetensi/kemampuan yang musti dmiliki dan dikuasai yaitu penguasaan guru terhadap kompetensi pedagogik. Salah satu sarana pengembangan dan pembinaan profesi keguruan yang yang membantu pengembangan dalam hal kompetensi pedagogik ialah Kelompok Kerja Guru (KKG). Oleh sebab itu, penelitian ini akan mengkaji peranan KKG dalam membantu menumbuhkan kompetensi pedagogik. Penelitian dilaksanakan di SDN Sindangsari sekaligus Gugus 4 Bogor Tengah sebagai penyelenggara KKG. Data yang diambil dan dikaji menggunakan teknik pengamatan/observasi dan wawancara dan dokumentasi. Hasil akhir pengamatan ini menggambarkan bahwa program-program KKG sangat berhubungan dengan Kompetensi Pedagogik. Dari 7 indikator Kompetensi Pedagogik, bentuk kegiatan peningkatannya ada di program KKG seperti pembuatan Silabus, Prota, Promes, RPP yang kaitannya erat dengan indicator Pengembangan Kurikulum. Dari hasi penelitian terdapat kesimpulan bahwa KKG ialah alternatif sarana yang memadai untuk guru dalam memperbaiki serta memajukan kompetensinya khususnya kompetensi pedagogik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...