AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 3 (2019): MARET

BUDAYA LITERASI DI SD ISLAM AL-MUSTARIH KOTA BOGOR.

Elinda Sumirat (Unknown)
Rusi Rusmiati Aliyyah (Unknown)
Helwiyah Makarim (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Literasi  sangat berperan dalam dunia Pendidikan pada zaman saat ini. Literasi ini tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Kemajuan suatu bangsa diterapkan ataupun ditentukan  oleh kemampuan literasi ( membaca dan menulis ). Masih jarang lembaga pendidikan yang membudayakan membaca sebelum pembelajaran dimulai. Namun di SD Islam Al-Mustarih pembiasaan literasi membaca sebelum pembelajaran sudah menjadikan budaya dan setiap kelas serempak melaksakan literasi membaca.  SD Islam Al-Mustarih ini menerapkan suatu budaya literasi membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana program budaya literasi membaca buku cerita kelas II SD Islam Al-Mustarih. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian kualitatif jenis penelitian studi kasus dengan model Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data nya dilakukan dengan observasi,wawancara dan dokumentasi mengenai tentang budaya atau kebiasaan literasi di SD Islam Al-Mustarih kota bogor. Analisis data dengan menggunakan analisis model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan/ verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunkanan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini memperoleh data : (1) perencanaan pembelajaran literasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dan juga para guru dengan tujuan memberikan arahan-arahan untuk peserta didik (2) yang kedua pelaksanaan dalam pembelajaran literasi di lakukan 1 minggu 3x dan (3) evaluasi pembelajaran literasi, evaluasi yang dilakukan yaitu memberikan reward dan penilaian tersendiri.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...