Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menerapkan kemandirian melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis tauhid pramuka, serta untuk mengetahui pula apa saja hal yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya.dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskritif kualitatif dengan menggunakan pendekatan study kasus, Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan panarikan kesimpulan, dalam tekhnik menguji keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) nilai karakter mandiri yang diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler berbasis tauhid pramuka diantaranya disiplin, percaya diri, tanggung jawab, kerjasama. (2) Faktor pendukung dalam menerapkan pendidikan karakter mandiri pada kegiatan ekstrakurikuler berbasis tauhid pramuka diantaranya adanya niat kemauan dan kesadaran dari diri siswa, serta adanya dukungan yang menyeluruh dari guru, pembina dan orang tua. (3) Faktor penghambatnya lain diantaranya adalah sedikit minat dan antusiasnya siswa untuk melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler berbasis tauhid pramuka. Harapan dengan terlaksana kegiatan berbasis tauhid seperti ekstrakurkuler pramuka ini mampu melatih kemandirian siswa serta mengembangkan bakat minat yang di miliki untu mencetak generasi-generasi islam yang berguna bagi masyarakat.
Copyrights © 2019