AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 5 No. 4 (2022): Oktober

Integrasi Tauhid dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas IV di SDIT Raudhatul Jannah

Rina Mirawati (a:1:{s:5:"en_US"
s:26:"Universitas Djuanda Bogor "
})

mega febriani sya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Lembaga pendidikan Islam berupayamewujudkan pembelajaran yang di desain secaraintegratif, menyatukan antara ilmu pengetahuanumum dengan ilmu pengetahuan agama. Lembagapendidikan Islam harus siap menciptakankeseimbangan untuk mencetak generasi yang tidakhanya cerdas dalam ilmu pengetahuan umum sajatetapi juga dapat membentuk insan yang berakhlakmulia dengan berlandaskan tauhid. Penelitian inidilakukan untuk mengetahui proses integrasi tauhiddalam pembelajaran bahasa Inggris di SD ITRaudlatul Jannah yang menjadi latar dari penelitian.Proses integrasi ini dapat mentransmisikan nilaikarakter tauhid yang disisipkan dalam pembelajaranbahasa Inggris untuk berperan menyeimbangkanantara ilmu pengetahuan umum dengan ilmupengetahuan agama sebagai dasar pondasi yangkokoh agar peserta didik mampu memfilter hal-halburuk dari nilai budaya luar yang tidak sesuai dengannilai-nilai Islam. Tujuan dari penelitian ini yakni untukmendeskripsikan proses integrasi tauhid dalampembelajaran bahasa Inggris kelas IV pada materispeaking, listening, reading, writing di SD IT RaudlatulJannah. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini yaitu metode penelitian kualitatifmenggunakan pendekatan studi kasus. Dengan teknikpengumpulan data melalui observasi, wawancaradengan instrument pertanyaan yang telah di validasioleh validator ahli dan dokumentasi. Penelitian inimenghasilkan temuan berupa gambaran prosesintegrasi tauhid dalam pembelajaran bahasa Inggriskelas IV pada materi speaking, listening, reading,writing di SD IT Raudlatul Jannah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...