AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 5 No. 4 (2022): Oktober

Hubungan Sikap Percaya Diri Siswa dengan Kemampuan Speaking

Ulandari Ulandari (a:1:{s:5:"en_US"
s:26:"Universitas Djuanda Bogor "
})

mega febriani sya (Unknown)
Novi Maryani (Unknown)
Muhammad Rendi Ramdhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Maksud dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan sikap percaya diri siswa dengankemampuan speaking siswa kelas III di SDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor. Latar belakang permasalahan penelitian di SDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor yakni Banyaknya siswa yang kurang percaya diri dalam kemampuan speaking dikarenakan antusias siswa yang kurang pada pembelajaran Bahasa Inggris, kurangnya pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris di kelas dan adanya kesulitan guru saat kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional yang bermaksud untuk mencari apakah ada hubungan dari sikap percaya diri siswa dengan kemampuan speaking siswa kelas IIISDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi, koefisiendeterminasi dan uji signifikan. Berdasarkan hasil analisis data dan hasil pengkajian yang telah dilakukan dengan jumlah sampel penelitian 84 siswa, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung < r tabel (0,400 – 0,599) maka bisa disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap percaya diri siswa dengan kemampuan speaking siswa kelas III SDIT Raudlatul Jannah Ciawi Bogor. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi antara sikap percaya diri siswa dengan kemampuan speaking siswa tingkat keeratan variabel X dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,422, maka bisa diartikan bahwa derajat hubungan antara SikapPercaya Diri Siswa dengan Kemampuan Speaking Siswa adalah cukup kuat. Hubungan sikap percaya diri siswa dengan kemampuan speaking siswa tergolong memiliki hubungan signifikan sebesar 17,8%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...