Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada kualitas pendidikan pasca pandemi mengalami kemerosotan yang signifikan. Salah satunya terjadi degradasi moral atau akhlak pada peserta didik, menyempurnakan akhlak merupakan misi ajaran Islam yang harus dilakukan. Banyak daripada ilmuwan Islam yang telah menuliskan konsep pendidikan Akhlak salah satunya Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Ihya Ulumuddin. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjabarkan konsep kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset kepustakaan (library research) dengan kitab Ihya Ulumuddin sebagai sumber primer dan analisis konten sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali dimaknai sebagai khuluq, yakni suatu perangai (watak atau tabiat) sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu yang melekat kuat dalam jiwa seseorang dan terlihat secara alamiah tanpa perlu direncanakan atau dipikirkan sebelumnya. Adapun konsep pendidikan akhlak perspektif Imam Abu Hamid Al-Ghazali adalah usaha mendorong dan membentuk jiwa manusia guna mendekatkan diri kepada Allah Swt., (akhlakul karimah), yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Kemudian, kurikulum pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya ‘Ulumuddin dimaknai sebagai suatu pedoman pendidikan akhlak yang terdiri dari tujuan pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak dan penilaian pendidikan akhlak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023