Model Manajemen Pendidikan Inklusif di SDIT Amalia. Skripsi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator inklusif, guru kelas, dan guru pendamping khusus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) model pendidikan inklusif di SDIT Amalia ini adalah (full inclusion) yaitu, menyertakan peserta didik berkebutuhan khusus untuk menerima pembelajaran di kelas reguler, 2) kurangnya tenaga pendidik khusus untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus yang berjumlah 131 siswa berkebutuhaan khusus, 3) kurikulum yang digunakan adalah kurikulum reguler yang dimodifikasi sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus, 4) keterbatasan sarana dan prasarana untuk anak berkebutuhan khusus seperti alat dan buku penunjang ABK yang belum lengkap dan ruangan khusus
Copyrights © 2023