AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 3 (2024): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MAN 2 KOTA BOGOR

Dwi Purwanti, Atik (Unknown)
Mahrudin, Amir (Unknown)
Rendi Ramdhani, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Pada pembelajaran kurikulum merdeka, kurikulum ini menguatkan pembelajaran terdiferensiasi yang disesuaikan dengan tahap capaian peserta didik. Penerapan kurikulum merdeka menekankan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan mendorong guru untuk menggunakan berbagai metode pengajaran untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan kurikulum merdeka di MAN 2 Kota Bogor terutama dalam aspek metode pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka, sehingga dinilai cukup baik. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan oleh pendidik sesuai dengan konsep kurikulum merdeka yaitu metode belajar berbasis student centered. Simpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah MAN 2 Kota Bogor menerapkan kurikulum merdeka sesuai dengan pedoman dan aturan penerapan kurikulum merdeka dari Kemendikbud dan Kemenag, dan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya, pendidik mengupayakan untuk menggunakan metode yang berpusat kepada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...