Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis tanggapan masyarakat terhadap perbedaan pemberian kredit mikro di PT. Bank SUMUT dan pembiayaan murabahah di PT. Bank SUMUT Syariah. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kepada nasabah kedua bank tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan para nasabah PT. Bank SUMUT dan PT. Bank SUMUT Syariah memiliki kesamaan, yaitu bahwa keduanya merasa bahwa bank tersebut memberikan syarat yang mudah untuk dipenuhi dalam pemberian kredit mikro dan pembiayaan murabahah. Analisis statistik menunjukkan bahwa meskipun rata-rata tanggapan nasabah PT. Bank SUMUT lebih tinggi, namun perbedaannya tidak signifikan secara statistik. Hal ini menunjukkan bahwa kedua jenis nasabah memiliki pemahaman yang baik dan puas terhadap layanan yang diberikan oleh masing-masing bank. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang persepsi masyarakat terhadap layanan keuangan konvensional dan syariah, serta implikasinya terhadap strategi pemasaran dan pengembangan layanan di industri perbankan
Copyrights © 2023