JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika
Vol. 2 No. 01 (2018): JR : Jurnal Responsive Teknik Informatika

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Kelistrikan Kelas X Teknik Audio Video Di SMKN 1 Tanjung Raya

Adi, Novi Hendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh hasil belajar setelah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMK Negeri 1 Tanjung Raya TA 2013/2014. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel untuk uji homogenitas, normalitas, dan ujihipotesis. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa kelas X Teknik Audio Video yang memperoleh nilai hasil belajar di bawah standar kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Achievent Division (STAD) yaitu 81,28 sementara siswa kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 74,36. Hasil hipotesis dengan menggunakan Microsoft Excel di dapati bahwa thitung 2,521> ttabel 2,06, sehingga hipotesis alternative (H1) diterima atau menolak hipotesis nihil (H0). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JR: Jurnal Responsive Teknik Informatika is a scientific journal that highlights the latest advancements in the field of information technology. This journal provides a platform for researchers, practitioners, and academics to share their latest knowledge and findings regarding programming, software ...