Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan gerakan literasi sekolah di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Peran guru dalam meningkatkan kegiatan literasi sangat penting seperti yang telah dilakukan di SMA Negeri 3 Sumbawa Besar guru selalu dilibatkan dalam setiap kegiatan di sekolah salah satunya dalam kegiatan literasi. Pertama, guru mengadakan kegiatan literasi didalam kelas dilaksanakan 15 menit sebelum mata pelajaran dimulai setiap dua hari dalam seminggu. Kedua, guru menyediakan sarana dan prasarana seperti adanya pojok baca, mading, perpustakaan, alokasi waktu, alokasi pendanan, dan partisipasi guru dalam memberikan bimbingan terhadap peserta didik. Namun, kegiatan gerakan literasi terdapat beberapa kendala seperti kurangnya ketertarikan peserta didik terhadap literasi; Kurangnya kesadaran peserta didik dalam berliterasi; dan kurangnya dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan gerakan literasi. Tetapi, dampak baik dari kegiatan ini indikator pencapaian program gerakan literasi sekolah semakin meningkat setelah diadakan kegiatan gerakan literasi disekolah,
Copyrights © 2023