Penelitian ini bertujuan untuk menentukan adanya perbedaan antara siswa yang diajarkan dengan permainan chemistry puzzle dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode konvensial pada materi tata nama senyawa kimia dan menentukan adanya pengaruh penggunaan permainan chemistry puzzle pada materi tata nama senyawa kimia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pretest posttest control grup design. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas control sebelum dilakukan pembelajaran dan setelah dilakukan pembelajaran mengalami perbedaan, yaitu rata-rata pretest kelas control dan kelas eksperimen yaitu 62,16667 dan 59,5 sedangkan rata-rata postest kelas control dan kelas eksperimen yaitu 8,789198 dan 6,601767. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif media chemistry puzzle secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIA Khulafaur Rasyidin pada materi tata nama senyawa kimia dan terdapat perbedaan antara siswa yang diajarkan menggunakan media chemistry puzzle dengan metode ceramah.
Copyrights © 2023