Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 1 (2021): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Pakong 1 Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19

Fatimatuz Zahroh (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
20 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media sosial whatsApp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI di SDN Pakong 1 tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang diambil berjumlah 50 siswa dengan menggunakan teknik penelitian populasi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, observasi dan dokumentasi. Angket yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan pearson product moment dan alpha cronbach’s. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi product moment. Dari hasil perhitungan diperoleh rhitung adalah 0,463, kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,297. Hal ini menunjukkan bahwa r_{hitung} > r_{tabel} yang berarti bahwa ada pengaruh penggunaan media sosial whatsapp terhadap motivasi belajar siswa SDN Pakong 1 Pamekasan di masa pandemi covid-19. Sementara itu, penggunaan media whatsapp berkontribusi sebesar 21% terhadap motivasi belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah jurnal ilmiah yang menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian (research article) yang berfokus pada isu-isu terkini dalam praktik pendidikan, pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan sekolah dasar. Jurnal ini ...