Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 1 (2024)

Relevansi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Film Dokumenter “Tanah Ibu Kami” dengan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

Fatimah, Andi Anugrah Batari (Unknown)
Masri, Sulfiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Pembebasan menentukan media dan bahan ajar Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menjadi beban tersendiri bagi guru. Penelitian ini hadir dengan tujuan menemukan relevansi dimensi profil pelajar pancasila dalam film dokumenter “Tanah Ibu Kami”dengan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah menerapkan langkah-langkah menulis teks laporan hasil observasi terhadap film ditemukan dimensi profil pelajar pancasila diantaranya: 1) akhlak beragama, pribadi, sesama manusia, alam, dan negara, 2) aktivitas bertani sayur dan menenun ikat, 3) kepedulian sesama 4) mengenal dan menghargai budaya nusantara, 5) melakukan studi banding, dan 6) pemberdayaan perempuan dalam naungan koperasi. Bentuk dimensi profil pelajar pancasila yang ditemukan dalam scene film relevan menjadi temuan hasil observasi yang digunakan sebagai bahan menyusun teks laporan hasil observasi. Temuan tersebut dapat dimanfaatkan guru sebagai media dan bahan ajar dalam menulis teks laporan hasil observasi di kelas VIII sesuai dengan tujuan pembelajaran Kurikulum Merdeka yang berbasis profil pelajar pancasila

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...