Digitalisasi dalam pembelajaran abad 21 semakin tidak bisa terpisahkan, salah satunya adalah hadirnya kecerdasan buatan atau sering disebut dengan artificial intelligence dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis terkait persepsi mahasiswa dalam penggunaan platform Quizizz sebagai media kuis interaktif. Jenis penelitian menggunakan metode campuran pararel konvergen (mixed method) dengan Purposive Sampling sebagai teknik sampling yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuisoner dan wawancara. Model Miles and Huberman digunakan sebagai teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa mahasiswa dalam mata kuliah model pembelajaran SD berpersepsi Quizizz memiliki unsur kemutakhiran yang sesuai dengan era society 5.0. Penggunaan Quizizz dalam kuis interaktif memberikan kepuasan terhadap mahasiswa dengan adanya transparansi nilai hasil kuis tersebut. Mahasiswa berpendapat Quizizz mudah dan fleksibel dalam penggunaanya karena kuis dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan gadget. Gamifikasi yang terdapat dalam Quizizz menjadikan motivasi belajar mahasiswa menjadi meningkat, tertutama dalam mengerjakan soal kuis menjadi tidak membosankan. Implikasi penelitian ini perlu adanya pelatihan bagi dosen guna mengembangkan kompetensi digital seperti membuat kuis interaktif berbasis artificial intelligence
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024