Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 2 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Berdiferensiasi pada Siswa SMP

Kilay, Yanry E (Unknown)
Farhana, Husna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Materi Pembentukan Diri Melalui Proses Sosialisasi Menggunakan Kebutuhan. dorongan yang sudah terpola baik secara personal kebudayaan maupun sosial. Sehingga kebutuhan ini bisa mempengaruhi proses sosialisasi karena sudah terpola dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini dilakukan pada Siswa Kelas VII A SMP Marie Joseph.Tujuan Penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pembentukan Diri Melalui Proses Sosialisasi Menggunakan PBL Tipe JIGSAW Berdiferensiasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (Action Research) yang terdiri dari 2 (dua) siklus, Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi.Berdasarkan hasil penelitian tindakan bahwa Pembentukan Diri Melalui Proses Sosialisasi Menggunakan PBL Tipe JIGSAW Berdiferensiasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. peneliti merekomendasikan: (1) Bagi Guru yang mendapatan kesulitan yang sama dapat menerapkan PBL Tipe JIGSAW Berdiferensiasi untuk meningkatkan Hasil Belajar. (2) Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka dihaharapkan guru lebih membuat Pembelajaran PBL Tipe Jigsaw Berdiferensiasi yang lebih menarik dan bervariasi. Persiapan mengunakan waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan bahan pembelajaran sesuai gaya belajar  peserta didik. Untuk itu, harus mempersiapkan jadwal penelitian yang terperinci dan memanfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baiknya. Memperhatikan membimbing dan mengarahkan peserta didik selama pembelajaran. berlangsung agar peserta didik mengikuti pembelajaran sesuai tahapan pembelajaran yang telah disiapkan harus lebih memperhatikan konten  atau  media yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...