Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Aningsih, Aningsih (Unknown)
Mujiani, Dwi Safitri (Unknown)
Anggraeni, Kharisah Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Karang Satria 01. Oleh  karena  itu,  tujuan  penelitian  ini  adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas V dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) di SDN Karang Satria 01. Penelitian  ini  merupakan  penelitian  tindakan  kelas  yang  melibatkan  36  siswa  kelas  V yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa disetiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 47,22% dengan nilai rata-rata 62.08 dan pada siklus II ketuntasakan klasikal meningkat mencapai 80,55% dengan nilai rata-rata 79.30. Berdasarkan data tersebut model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD sebesar 33,33%. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Karang Satria 01.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...