Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Analisis Penggunaan Media Bergambar dalam Kemampuan Pemahaman Membaca Anak Tunagrahita Ringan Siswa Kelas IV SLB

Sari, Nela Fatikah (Unknown)
Nikmah, Putri Khoirotun (Unknown)
Ruby, Arcivid Chorynia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting bagi setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media bergambar dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca pada anak tunagrahita ringan di kelas IV SLB N Kaliwungu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian adalah satu siswa yang berusia 10 tahun dan didiagnosis dengan tunagrahita ringan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen selama empat minggu. Setiap sesi pembelajaran membaca menggunakan media bergambar seperti buku bergambar dan kartu gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bergambar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam menghubungkan gambar dengan teks, memahami isi bacaan, dan menjawab pertanyaan terkait bacaan. Observasi dan wawancara dengan guru serta orang tua mengkonfirmasi bahwa siswa tersebut lebih fokus, tertarik, dan mampu memahami materi dengan bantuan gambar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media bergambar dapat menjadi alat bantu yang signifikan dalam pembelajaran membaca bagi anak tunagrahita ringan. Hasil ini memberikan implikasi bagi strategi pembelajaran di SLB, di mana guru dianjurkan untuk mengintegrasikan media bergambar dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...