Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS)
Vol 6, No 4 (2024): Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), May

Sinergisitas Pendidikan Seni Kriya Pada Kurikulum Pendidikan dan Non Pendidikan

Wahyu Tri Atmojo (Universitas Negeri Medan)
Misgiya Misgiya (Univeritas Negeri Medan)
Adek Cerah Kurnia Azis (Univeritas Negeri Medan)
Srimutia Elpalina (Universitas Negeri Padang)
Agustina Agustina (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Pendidikan seni kriya di Indonesia menjadi krusial dalam menghadapi perubahan dan perkembangan, terutama di era Revolusi Industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sinergisitas Pendidikan Seni Kriya pada Kurikulum Pendidikan dan Non Pendidikan dengan fokus pada institusi khusus non LPTK (Institut Seni Indonesia dan ISBI Bandung) serta LPTK (Universitas Negeri Medan). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Kriya di kedua jenis institusi memiliki kurikulum yang mapan, ditandai dengan capaian pembelajaran yang terukur dan penekanan pada pengembangan keterampilan, keahlian, dan pengetahuan dalam seni kriya. Institusi non LPTK lebih menekankan pada penciptaan seniman dan desainer yang inovatif, sementara LPTK memiliki orientasi pada pengembangan kompetensi guru profesional. Sinergi antara kedua jenis institusi dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan seni kriya di Indonesia, dengan menghasilkan lulusan yang handal dan adaptif terhadap perkembangan global. Adapun peran kurikulum menjadi krusial dalam menyesuaikan pendidikan kriya dengan kebutuhan pasar dan perkembangan zaman, seiring dengan implementasi Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan (SNPT). Evaluasi terhadap kurikulum dan pelaksanaan tracer study dapat menjadi langkah strategis untuk memastikan relevansi dan kualitas pendidikan kriya di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jehss

Publisher

Subject

Health Professions Public Health Social Sciences

Description

Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), publish by Mahesa Research Center, for sources of information and communication for academics and observers about science and methodology. Published papers are the results of research, reflection, and actual critical studies with respect ...