Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memainkan peran kunci dalam perekonomian suatu negara, menciptakan lapangan kerja, menggerakkan pertumbuhan ekonomi, dan mendukung inklusi sosial. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sangat signifikan, menyumbang lebih dari 60%, dan mempekerjakan sekitar 56% tenaga kerja. Hubungan antara loyalitas pelanggan dan kepuasan pelanggan adalah sangat erat. Kepuasan pelanggan dapat dianggap sebagai salah satu faktor utama yang memengaruhi tingkat loyalitas pelanggan. Pengambilan sampel melalui non probability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling tipe judgment sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner hingga diperoleh data responden sebanyak 105. Proses analisis data menggunakan metode analisis linier berganda. Penelitian berusaha menghadirkan kontribusi baru dengan menggali hubungan antara kualitas produk, persepsi harga, kepuasan pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini memberikan hasil kesimpulan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan, yang selanjutnya kepuasan pelanggan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024