Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah)
Vol 7 No 1 (2024): Article Research Volume 7 Number 1, January 2024

Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Di Kantor Camat Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah

Hutagalung, Jeniusman Ahmad (Unknown)
Hasibuan, Nur ‘Ainun (Unknown)
Pulungan, Chairil Anwar Saleh (Unknown)
Tanjung, Alfansuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan profesionalisme kerja pegawai dengan pelayanan di Kantor Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah dan menganalisis pengaruh profesionalisme kerja pegawai terhadap pelayanan di Kantor Kantor Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriftif. Definisi operasional dari profesionalisme kerja pegawai adalah keterampilan, kecerdasan, respon, perfoma sedangkan pelayanan menggunakan indikator yaitu prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, produk pelayanan, sraana dan prasarana, dan kompetensi petugas pemberi pelayanan publik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang responden yang merupakan masyarakat dari wilayah Kecamatan Tapian Nauli kabupaten tapanuli tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan diantaranya observasi, dokumentasi dan kuesioner. Alat pengukur data mengggunakan skala likert. Dan analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana.Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme kerja pegawai memiliki hubungan yang kuat dan signifikan dengan pelayanan di Kantor Kecamatan Kantor Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Melalui analisis regresi sederhana diperoleh hasil koefisien regresi profesionalisme kerja pegawai sebesar 0,499 yang artinya setiap perubahan pada profesionalisme kerja pegawai maka pelayanan pun akan mengalami perubahan sebesar 0,194. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t diperoleh t hitung 116,667 ≥ t tabel 76,056. Artinya bahwa penelitian menerima Ha terdapat pengaruh antara profesionalisme kerja pegawai dengan pelayanan Kecamatan Tapian Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah. Pelayanan di Kantor Kecamatan Tapian Nauli sudah terlaksana dengan cukup baik, hal ini terlihat dari keadilan dalam pelayanan, kemampuan dan keandalan pegawai, serta tanggung jawab dalam pelayanan. Kecepatan pelayanan, terkadang tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, masih kurang konsistennya pegawai untuk selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, serta ketersediaan ruang tunggu yang dirasa masih kurang nyaman bagi masyarakat.

Copyrights © 2024