Benchmark
Vol 4, No 1: September 2023

Preferensi dan Kepuasan Konsumen terhadap Atribut Produk Minuman Kopi di Coffeeshop Starbucks Kabupaten Jember

Muhammad Thufeil Ahsani Taqwim (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember)
Ahmad Zainuddin (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember)
Agus Supriono (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember)
Indah Ibanah (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2023

Abstract

Starbuks yang tersebar di seluruh Indonesia memberikan pilihan dan pelayanan yang berbeda, sehingga penting untuk meneliti terkait preferensi dan kepuasan konsumen Starbucks. Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi dan kepuasan konsumen terhadap produk minuman kopi Starbucks di Kabupaten Jember. Preferensi konsumen dianalisis dengan menggunakan metode multiatribut Fish bein dan tingkat kepuasan konsumen dianalisis dengan Customer Satisfaction Index (CSI). Sampel yang digunakan sebanyak 70 responden. Konsumen minuman kopi di Starbucks Kabupaten Jember memiliki preferensi yang berbeda terhadap atributrasa, harga, ukuran, higienitas, variasi menu, lokasi, pelayanan, kenyamanan tempat, kebersihan tempat dan fasilitas. Atribut yang mendapat nilai tertinggi yaitu higienitas dengan tingkat kepentingan sangat penting dan tingkat kenyataan sangat baik, untuk yang terendah yaitu harga dengan tingkat kepentingan cukup penting dan tingkat kenyataan cukup baik. Hasil analisis CSI menunjukkankonsumen minuman kopi Starbucks merasa sangat puas terhadap atribut yang dinilai. Hasil tersebut berguna untuk meningkatkan pelayanan dan pengalaman Starbucks kepada konsumen sehingga Starbucks bisa memahami preferensi konsumen dan mendapat kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

benchmark

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Benchmark merupakan jurnal elektronik yang berisikan artikel ilmiah, hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang manajemen. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bhayangkara Surabaya. Benchmark Terbit secara berkala dengan volume dan jumlah ...