PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): PRIMER : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, April 2024

Menumbuhkan Tradisi Lokal dan Kebhinekaan Peserta Didik Melalui Pembelajaran Problem Based Learning

Utami, Faradhita (Unknown)
Warman, Warman (Unknown)
Suryaningsi, Suryaningsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan pemahaman peserta didik mengenai tradisi lokal dan kebhinekaan melalui model pembelajaran problem based learning di mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada materi merawat tradisi lokal dan kebhinekaan. Lokasi penelitian di SMA Negeri 4 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah peneliatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan kegiatan berupa: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat membuat peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. peserta didik tidak hanya memahami tradisi lokal tetapi juga menghargai keberagaman budaya di sekitarnya. Dengan memecahkan masalah yang relevan dengan tradisi lokal, peserta didik terlibat secara lebih menyeluruh dalam pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya implementasi PBL dalam pembelajaran untuk mengembangkan pemahaman multikultural dan menghargai keragaman budaya di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Religion Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

This journal is a peer reviewed, open access, scientific and scholarly journal which publishes research papers, review papers, case reports, case studies, books review, thesis, dissertation works, etc. PRIMER journal provides a means for ongoing discussion of relevant issues that fall within the ...