Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik
Vol. 1 No. 2 (2024): Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik

MENINGKATKAN ANTUSIASME POLITIK: PERAN MEDIA SOSIAL MENUJU PEMILIHAN PRESIDEN 2024

Rizky Ahmad Fahrezi (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
Dr. Wina Nurhayati Praja, S.Pd., M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)



Article Info

Publish Date
19 May 2024

Abstract

Media sosial telah menjadi platform yang tak terhindarkan dalam kehidupan sehari-hari; namun, kehadirannya belum sepenuhnya menginspirasi keterlibatan politik yang signifikan di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam konteks ini, peran agen sosialisasi politik konvensional seperti keluarga, lembaga pemerintah, dan media massa juga masih diragukan. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada peran media sosial menuju Pemilihan Presiden 2024. Dengan kemampuannya menyediakan akses informasi yang luas dan kebebasan berekspresi, media sosial memiliki potensi besar untuk menjadi kekuatan positif dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat. Melalui pendekatan kualitatif dan analisis isi studi pustaka, penelitian ini menegaskan bahwa media sosial efektif dalam menyebarkan informasi politik dan membangun diskusi yang produktif terkait Pemilihan Presiden 2024. Strategi sosialisasi politik melalui media sosial mencakup pembangunan kesadaran kolektif untuk menghindari penyebaran informasi yang menyesatkan, sambil memperkuat upaya literasi digital. Media sosial menawarkan potensi yang sangat besar sebagai alat efektif dalam sosialisasi politik, khususnya dalam merespons isu-isu politik yang berkaitan dengan Pemilihan Presiden 2024

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

retorika

Publisher

Subject

Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Retorika: Jurnal Komunikasi, Sosial dan Ilmu Politik adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Meneliti dan Menulis (Kolibi). Jurnal nasional ini bertujuan untuk mendiseminasikan penelitian ilmu komunikasi di berbagai bidang antara lain Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, ...