Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Menurut Stuart dan Laraia dalam (Suryani, 2015), komunikasi dalam profesi keperawatan, menjadi sangat penting karena merupakan alat atau metode dalam melaksanakan proses keperawatan. Komunikasi terapeutik diterapkan oleh perawat dalam berhubungan dengan pasien untuk meningkatkan rasa saling percaya, dan apabila tidak diterapkan akan menganggu hubungan terapeutik yang berdampak pada ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini diketahui hubungan komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Jenis penelitian adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 53 pasien. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan cara mendatangi langsung pasien diruang perawatan. Analisa data dilakukan menggunakan uji statistik Spearman. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan yang signifikan antara komunikasi terapeutik terhadap kepuasan pasien (ρ value= 0,020). Diharapkan pada petugas kesehatan khususnya perawat untuk meningkatkan komunikasi secara terapeutik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien.Kata kunci: Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020