Strategi : Jurnal Manajemen
Vol 14 No 1 (2024): Strategi : Jurnal Manajemen - Publish April

Implementasi Metode Time And Material Pricing Guna Menentukan Harga Jual Jasa pada Bengkel R-Win Motor

Eni Suasri (Unknown)
Maulida Hirdianti Bandi (Unknown)
Yuliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Abstract : Pricing is very influential on company activities. In the aspect of price and the facilities offered from a service greatly affect the amount of income earned. One way that management can do to be competitive in the business world is to make a decision to set the right selling price for the services it offers. Determination of the selling price can be done using various methods, one of which is the Time And Material Pricing Method. This method focuses on two tariffs for determining the selling price. The first rate is determining the selling price of the direct labor time used to service the customer. The second tariff is determining the price of the materials used to service the customer. The purpose of this study is to determine the selling price of services determined using the Time And Material Pricing Method at the R-WIN motorbike repair shop. The analytical method uses descriptive qualitative research analysis. The results of the study illustrate that there is a difference caused by calculations made by the R-WIN motorbike repair shop which have not included indirect expenses incurred while the Time And Material Pricing Method takes into account indirect expenses and takes into account the assets issued, the author wants to provide input that the company should consider the Time And Material Method Pricing in determining the selling price, so that the company can obtain maximum profit by taking into account indirect costs and assets used. Abstrak : Penentuan harga sangat berpengaruh pada kegiatan perusahaan. Dalam aspek harga dan fasilitas yang ditawarkan sebuah jasa sangatlah mempengaruhi banyaknya perolehan pendapatan. Salah satu cara yang dapat dilakukan pihak manajemen agar bisa bersaing dalam dunia bisnis adalah dengan mengambil keputusan untuk menetapkan harga jual yang tepat bagi jasa yang ditawarkannya. Penentuan harga jual dapat dilakukan dengan berbagai metode salah satunya Metode Time And Material Pricing. Metode ini berfokus pada dua buah tarif penentuan harga jual. Tarif pertama adalah menentukan harga jual waktu tenaga kerja langsung yang digunakan untuk melayani pelanggan. Tarif kedua adalah menentukan harga bahan yang digunakan untuk melayani pelanggan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui harga jual jasa yang ditentukan dengan menggunakan Metode Time And Material Pricing pada bengkel R-WIN motor. Metode analisis menggunakan analisis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa terjadi perbedaan yang disebabkan perhitungan yang dilakukan bengkel R-WIN motor belum memuat pengeluaran tidak langsung yang dikeluarkan sedangkan Metode Time And Material Pricing memperhitungkan pengeluaran tidak langsung serta memperhitungkan aktiva yang dikeluarkan, penulis ingin memberikan masukan sebaiknya perusahaan mempertimbangkan Metode Time And Material Pricing dalam menentukan harga jual, agar perusahaan dapat memperoleh laba yang maksimal dengan memperhitungkan biaya tidak langsung dan aktiva yang digunakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

strategi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Strategi : Jurnal Manajemen merupakan perubahan nama dari jurnal manajemen menjadi Strategi yang diterbitkan sebagai media komunikasi bagi berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap perkembangan sistem informasi berbasis Akuntansi, Manajemen dan ...