Bagian terpenting dalam kehidupan manusia adalah pendidikan. Dengan adanya pendidikan setiap individu akan mampu memperoleh sebuah ilmu pengetahuan. Salah satu pendidikan yang tidak dapat kita lepaskan untuk umat Islam yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang merupakan upaya sadar yang terencana untuk kesiapan peserta didik dalam mengenal, memahami, mengimani, bertakwa, berakhlakul karimah mengajarkan agama Islam dari sumber utamanya kitab Al-Qur’an. Selain itu kebutuhan satuan pendidikan yaitu perangkat ajar disediakan dalam bentuk kurikulum. Sejak tahun 1947, Kurikulum telah mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan bertujuan untuk memberikan dorongan serta pembaharuan dalam sistem pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan adalah library research guna menghimpun informasi dari berbagai literatur dan sumber ilmiah, termasuk artikel buku dan temuan penelitian terkait perkembangan kurikulum. Fokus penelitian ini adalah menganalisis Kurikulum 2013 dan Kurikulum Mandiri. Analisis ini dilakukan untuk menemukan perbandingan dalam penerapan Pendidikan Agama Islam di satuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat perbedaan, antara lain pada aspek struktur, pendekatan pembelajaran, kebebasan pengaturan waktu pembelajaan, dan sistem penilaian. Kurikulum Merdeka mencerminkan pendekatan yang lebih fleksibel, terbuka, dan holistik
Copyrights © 2024