Kurikulum Merdeka merupakan sebuah konsep transformasi pendidikan Indonesia yang bertujuan untuk mencetak generasi penerus bangsa yang unggul. Konsep ini digagas oleh pemerintahan baru dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini. Meski masyarakat mungkin berspekulasi bahwa pergantian menteri akan berdampak pada perubahan kurikulum, namun esensi sebenarnya dari perubahan Kurikulum 2013 ke Kurikulum Mandiri adalah untuk menyempurnakan implementasi Kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk menggali tiga hal: (1) perencanaan pembelajaran Kurikulum Mandiri di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo, (2) pelaksanaan pembelajaran Kurikulum Mandiri di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo, dan (3) penilaian pembelajaran Kurikulum Mandiri di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, dan inferensi, serta verifikasi keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian di MI Bilingual Roudlotul Jannah Prambon Sidoarjo menunjukkan bahwa: (1) dalam perencanaan pembelajaran, guru menggunakan perangkat pengajaran yang sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Teknologi, namun juga melakukan modifikasi sesuai kebutuhan ( 2) pembelajaran yang dilaksanakan guru berusaha mengikuti prinsip Kurikulum Mandiri, dengan menekankan pembelajaran berpusat pada peserta didik dan pemilihan metode pembelajaran yang tepat (3) penilaian dilakukan sesuai prinsip yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Copyrights © 2024