Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 4 (2024): JUNI 2024

TEKS IKLAN LAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT TENTANG MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19: ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK PADA MEDIA ONLINE

Manullang, Elkana Pujiando (Unknown)
Manullang, Syahma Fitri (Unknown)
Putri, Anggie Rahmah (Unknown)
Janna, Miftahul (Unknown)
Lubis, Malan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan analisis wacana kritis iklan layanan masyarakat covid-19 pada Kemenkes RI, KOMINFO, Diskes Prov Bali menggunakan kajian Teun A. Van Dijk. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data dalam penelitian yaitu kutipan teks wacana struktur teks wacana superstruktur, mikro struktur dan makro struktur pada iklan layanan Masyarakat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian digunakan teknik analisis isi. Hasilnya bahwa ILM menjadi satu objek pengetahuan, tujuan iklan tersebut sebagai himbauan, Konten dari iklan bahasanya sangat berimbang dalam mempermudah pemahaman masyarakat dalam memaknainya.Kesimpulan diperoleh semua iklan yang relevan dalam laman Kemenkes mengandung makna yang multi tafsir dan luas, alternatif penyelarasan dalam pengembangan ILM di media online, menguatkan isi latar untuk himbawan masyarakat, mendetailkan makna yang berisi cara dan peranggapan yang mengandung dampak dari pentingnya penerapan Protokol kesehatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...