Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan dan pengaruh Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim. Shopee Paylater, sebagai salah satu layanan pembayaran tunda dari platform e-commerce Shopee, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan transaksi tanpa perlu membayar secara langsung. Mahasiswa muslim menjadi salah satu acuan dalam penelitian ini dalam mengalisis penggunaan Shopee PayLater. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 mahasiswa Muslim UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Terdapat korelasi positif antara penggunaan Shopee Paylater dengan peningkatan perilaku konsumtif, yang ditandai dengan frekuensi pembelian dan jumlah pengeluaran yang meningkat. Faktor-faktor seperti kemudahan akses, promosi menarik, dan kebijakan pembayaran fleksibel menjadi pendorong utama penggunaan Shopee Paylater. Studi ini menyimpulkan bahwa layanan pembayaran tunda seperti Shopee Paylater memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim, sehingga diperlukan edukasi finansial yang lebih intensif untuk menghindari potensi risiko keuangan di masa depan
Copyrights © 2024