Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 4 (2024): JUNI 2024

Penggunaan dan Pengaruh Shopee PayLater Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Muslim

Amel Liana (Unknown)
Senno Young Lazuardi (Unknown)
Ratu Siti Khaerunnisa (Unknown)
Wahyu Hidayat (Unknown)
Zaini Ibrahim (Unknown)
Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan dan pengaruh Shopee Paylater terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim. Shopee Paylater, sebagai salah satu layanan pembayaran tunda dari platform e-commerce Shopee, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan transaksi tanpa perlu membayar secara langsung. Mahasiswa muslim menjadi salah satu acuan dalam penelitian ini dalam mengalisis penggunaan Shopee PayLater. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 mahasiswa Muslim UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Terdapat korelasi positif antara penggunaan Shopee Paylater dengan peningkatan perilaku konsumtif, yang ditandai dengan frekuensi pembelian dan jumlah pengeluaran yang meningkat. Faktor-faktor seperti kemudahan akses, promosi menarik, dan kebijakan pembayaran fleksibel menjadi pendorong utama penggunaan Shopee Paylater. Studi ini menyimpulkan bahwa layanan pembayaran tunda seperti Shopee Paylater memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Muslim, sehingga diperlukan edukasi finansial yang lebih intensif untuk menghindari potensi risiko keuangan di masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...