Penelitian ini menyelidiki hubungan antara perilaku konsumtif generasi Z, perilaku gaya hidup hedonistik, dan literasi keuangan. Hasilnya menunjukkan bahwa pola konsumsi generasi Z dipengaruhi secara signifikan oleh literasi keuangan dan pilihan gaya hidup hedonistik. Literasi keuangan yang lebih baik biasanya dikaitkan dengan gaya hidup yang lebih baik. Kaum hedonis lebih cenderung memilih produk dan jasa secara bijaksana dan bertanggung jawab. Mereka lebih cenderung menyimpan uang dan menghindari hutang karena mereka lebih cenderung memikirkan dampak jangka panjang dari pembelian mereka. Di sisi lain, mereka yang tidak menjalani kehidupan hedonistik atau buta huruf secara finansial lebih rentan mengambil keputusan pembelian yang terburu-buru dan ceroboh sehingga berujung pada utang dan pengeluaran berlebihan. Mereka lebih cenderung menyimpan uang dan menghindari hutang karena mereka lebih cenderung memikirkan dampak jangka panjang dari pembelian mereka. Di sisi lain, mereka yang tidak menjalani kehidupan hedonistik atau buta huruf secara finansial lebih rentan mengambil keputusan pembelian yang terburu-buru dan ceroboh sehingga berujung pada utang dan pengeluaran berlebihan.
Copyrights © 2024